Spesifikasi Vivo Z1x, Ultimate Performance dan Kamera

By | September 11, 2019

Vivo Z1x – Baru dua bulan sejak Vivo Z1 Pro diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Smartphone yang ditenagai dengan Snapdragon 712 AIE ini mendapat sambutan yang luar biasa, khususnya dari Vivo fans di Indonesia. Dan sekarang, Vivo sudah mengeluarkan seri terbaru lagi untuk varian Z. Sekedar informasi, spesifikasi Vivo Z1x ini masih lebih unggul daripada saudaranya, dan ini tentu sangat menarik untuk dibahas.

Spesifikasi Vivo Z1x
Spesifikasi Vivo Z1x

Vivo memang seakan tidak pernah kehabisan ide, terutama dalam menciptakan smartphone baru. Namun dibalik hal tersebut, mungkin saja para Vivo fans sedikit kecewa dan menyesal yang sudah keburu membeli Vivo Z1 Pro. Ya, ternyata Vivo Z1x memiliki spesifikasi yang masih lebih mumpuni, namun dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Bagaimana tidak?, Vivo Z1 Pro yang dibekali dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB dibanderol di angka Rp. 3.1 Juta. Sementara harga Vivo Z1x dengan RAM 6GB dipadukan dengan memori internal 64GB dibanderol di angka Rs. 16.990 atau kisaran Rp. 3.3 Jutaan saja. Bagi anda yang belum sempat membeli Vivo Z1 Pro, maka Vivo Z1x ini akan sangat layak dipertimbangkan.

Desain Vivo Z1x

Berbicara mengenai desain, terdapat banyak perbedaan pada Vivo Z1x dibandingkan dengan Vivo Z1 Pro. Jika Vivo Z1 Pro menggunakan model layar O Screen, maka Vivo Z1x dibekali dengan notch kecil di bagian atas layar yang berisikan lensa kamera selfie. Beralih pada desain belakang, Vivo Z1x lebih mirip dengan Vivo S1 dibandingkan dengan Vivo Z1 Pro.

Namun yang membuat perbedaan besar pada desain belakang antara kedua smartphone ini adalah spesifikasi Vivo Z1x di sektor keamanan. Ya, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur In Display Fingerprint, sama halnya dengan Vivo S1. Alhasil, tidak ada lagi sensor fingerprint konvensional di bagian body belakang. Tentu saja, ini merupakan nilai yang sangat positif.

Makin canggih, spesifikasi Vivo Z1x juga sudah dibekali dengan panel berjenis Super AMOLED berukuran 6.6.38 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Resolusi yang tinggi tersebut tentu mampu memberikan tampilan yang sangat detail, terutama karena penggunaan panel berjenis Super AMOLED yang memang terkenal tajam dan jernih. Tidak lupa juga, sudah ada fitur Always on Display yang memang sering kita temui pada panel Super AMOLED.

Dari sisi desain, Vivo Z1x memang sangat menarik, walaupun bagian belakangnya masih menggunakan material plastik polycarbonate. Saya sendiri lumayan heran, bagaimana caranya Vivo memberikan smartphone dengan spesifikasi sebagus ini, namun dengan banderol harga yang ukurannya sangat terjangkau.

Spesifikasi Vivo Z1x

Seperti biasa, Vivo Z1x dibekali dengan Funtouch OS 6 berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru. Tidak ada yang istimewa dari sektor ini dan memang lazim kita temukan pada semua smartphone terbaru Vivo. Namun jangan salah, karena spesifikasi Vivo Z1x di sektor dapur pacu adalah kekuatan yang sesungguhnya.

Vivo Z1x
Vivo Z1x

Masih tidak bosan memberikan yang terbaik, Vivo Z1x dibekali dengan chipset Snapdragon 712 (10nm) Octa-Core yang dipadukan dengan GPU Adreno 616 sebagai pengolah grafis. Berbicara soal kinerja, seharusnya tidak perlu diragukan lagi, termasuk untuk memainkan game berat yang ada sekarang ini.

Berbicara mengenai multitasking, spesifikasi Vivo Z1x juga sudah sangat siap. Smartphone ini dibekali dengan RAM 6GB yang dipadukan dengan memori internal 64GB atau 128GB. Bahkan jika anda masih merasa kurang dengan memori internal tersebut, maka bisa menggunakan microSD hingga 256GB. Dan istimewanya, slot microSD sudah terpisah dari slot dual SIM yang dimiliki.

Vivo Z1 Pro dan Z1x sama sama dibekali dengan triple camera utama. Namun sudah pasti Vivo Z1x masih lebih unggul, sebab dibekali dengan lensa beresolusi 48MP + 8MP + 5MP. Sementara Vivo Z1 Pro terdahulu hanya dibekali dengan lensa beresolusi 16MP + 8MP + 2MP. Lagi lagi spesifikasi Z1x mengalami peningkatan signifikan di sektor kamera.

Beralih pada kamera selfie, ternyata masih sama saja dengan lensa beresolusi 32MP. Namun tidak masalah sebab kamera ini sudah cukup mumpuni, bahkan untuk lebih dari sekedar foto selfie. Jika anda menyukai sektor gaming dan fotografi, maka menurut saya pribadi smartphone ini akan sangat layak dipertimbangkan.

Bagaimana dengan kapasitas baterai yang dimiliki?. Sayang sekali memang, disaat Vivo Z1 Pro memiliki baterai sebesar 5.000mAh, sementara Vivo Z1x hanya dibekali dengan baterai 4.500mAh saja. Tapi tidak terlalu masalah, sebab smartphone ini sudah dibekali dengan USB Type-C, sebuah peningkatan yang cukup didambakan para Vivo fans. Anda pun akan semakin dimanjakan dengan teknologi fast charging 22.5W yang dimiliki.

Last, spesifikasi Vivo Z1x bukan hanya unggul pada sektor dapur pacu saja. Namun juga aspek kamera mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Vivo Z1 Pro. Dan untungnya, harga Vivo Z1x tidak terlalu mahal. Hanya dibanderol dengan harga Rs. 16.990 atau kisaran Rp. 3.3 Jutaan saja.