Spesifikasi Realme XT, Andalkan Quad Camera 64MP

By | September 13, 2019

Realme XT – Tidak bisa dipungkiri jika Realme memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Baru saja mereka merilis Realme 5 dan Realme 5 Pro, namun sudah mulai menyebar teaser mengenai Realme XT, smartphone selanjutnya. Tentunya, akan sangat menarik mengulas lebih lengkap mengenai spesifikasi Realme XT yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Spesifikasi Realme XT
Spesifikasi Realme XT

Realme XT memang belum diluncurkan secara resmi di negara manapun. Namun pada hari ini tanggal 13 September 2019, Realme melakukan streaming untuk menunjukkan fitur fitur dan spesifikasi andalan Realme XT yang akan segera rilis. Dan jangan terkejut, karena smartphone ini akan mulai dijual secara online pada tanggal 16 September mendatang.

Ya, Realme XT akan dijual dalam waktu dekat melalui situs resmi Realme India dan Flifkart. Terdapat tiga varian RAM yang dijual, yakni RAM 4GB/64GB, 6GB/64GB, dan 8GB/128GB. Untuk harganya, dibanderol senilai Rs. 15.999 termurah hingga Rs.18.999 untuk varian tertinggi.

Desain Realme XT

Realme XT bukanlah varian yang sama dengan Realme 5 dan Realme 5 Pro. Smartphone ini diposisikan lebih tinggi daripada varian tersebut, yang berarti jika harganya juga lebih mahal. Berbicara mengenai desain, maka desain Realme XT ini merupakan perpaduan dari Realme X dan Realme 5 series.

Ya, Untuk bagian depan dan penempatan lensa kamera mirip dengan Realme 5 series. Namun untuk corak dan desain warna belakang lebih mirip dengan Realme X terdahulu. Sayangnya, Realme XT ini masih dibekali dengan notch, yang ini artinya juga masih tidak menggunakan kamera selfie pop up.

Desain Realme XT
Desain Realme XT

Desain depan dari Realme XT ini sangat mirip dengan desain depan dari Realme 5 series. Pada bagian atas, terdapat notch berukuran kecil yang hanya diisi dengan lensa kamera selfie, dengan speaker telepon diatasnya. Sementara pada bagian belakang, terdapat 4 buah lensa kamera di sudut kanan atas, ditemani LED Flash, dan juga logo Realme di sudut kanan bawah.

Spesifikasi Realme XT yang paling diandalkan memang berada pada aspek kamera. Namun bukan berarti jika aspek lain kurang diperhatikan, khususnya bagian layar. Realme XT sudah dibekali dengan panel Super AMOLED berukuran 6.4 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layar yang juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 ini tentunya akan mampu memberikan tampilan yang detail, tajam, dan jernih.

Spesifikasi Realme XT

Quad camera dan Snapdragon 712 merupakan dua aspek andalan dari Realme XT terbaru ini. Ya, bagi anda yang suka bermain game, seharusnya kinerja dari Realme XT sudah tidak perlu diragukan lagi, berkat penggunaan chipset ini dan juga dukungan GPU Adreno yang tinggi.

Berbicara mengenai sistem operasi, Realme XT masih betah menggunakan ColorOS 6 berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru. Untuk dapur pacu, menggunakan chipset Snapdragon 712 (10nm) Octa-Core yang dipadukan dengan Adreno 616 sebagai pengolah grafis. Chipset dan GPU tersebut adalah komponen yang sama persis dengan apa yang digunakan pada Realme 5 Pro.

Spesifikasi Realme XT pada aspek kamera dengan set up quad camera memang tidak terlalu istimewa. Mengapa demikian?, sebab Realme 5 dan Realme 5 Pro saja sudah dibekali dengan quad camera, walaupun harganya masih lebih murah. Namun yang menjadi kelebihan Realme XT adalah resolusi kamera yang dimiliki.

Realme XT dibekali dengan kamera beresolusi 64MP main camera + 8MP ultrawide camera + 2MP dedicated macro camera + 2MP depth sensor. Terdapat juga fitur EIS (Electronic Image Stabilizer) yang akan sangat berguna dalam pengambilan foto ataupun perekaman video.

Pada aspek kamera depan, sama sekali tidak berbeda dengan Realme X ataupun Realme 5 Pro. Smartphone ini dibekali dengan kamera selfie beresolusi 16MP, yang sudah mendukung mode HDR dan panorama. Untuk anda yang menyukai sektor fotografi, kami rasa smartphone ini akan sangat layak dipertimbangkan.

Anda suka menonton video melalui smartphone, ataupun sekedar mendengarkan musik?. Tenang, sebab sudah ada fitur Dolby Atmos yang akan sangat berguna untuk memberikan output suara yang jauh lebih baik daripada standar. Dan pastinya, Realme XT juga sudah dibekali dengan USB Type-C terbaru, menggantikan microUSB 2.0 lawas.

Sayangnya, spesifikasi Realme XT pada kapasitas baterai yang dimiliki memang tidak bisa dibilang istimewa. Ketika Realme 5 Pro dibekali baterai 4.035mAh, ataupun kelebihan Realme 5 dengan baterai 5.000mAh super besar, Realme XT hanya dibekali dengan baterai sebesar 4.000mAh saja. Untungnya, terdapat teknologi fast charging VOOC Flash Charge 3.0 dengan daya mencapai 20W.

Mengenai keamanan, Realme XT membawa spesifikasi yang sama dengan Realme X terdahulu. Ya, smartphone ini dibekali dengan fitur under display fingerprint, yang sampai saat ini masih bisa disebut sebagai fitur premium.

Harga Realme XT

Harga Realme XT
Harga Realme XT

India menjadi negara beruntung karena menjadi negara pertama yang disambangi oleh Realme XT. Penjualan Realme XT juga dilakukan untuk pertama kalinya disana, melalui situs Realme India dan situs Flipkart. Lantas, berapa budget yang harus disediakan untuk bisa memboyong smartphone ini?.

Terdapat tiga varian yang berbeda untuk dijual, setidaknya sampai saat ini. Harga Realme XT 4GB/64GB senilai Rs. 15.999 (Rp. 3.1 Jutaan), harga Realme XT 6GB/64GB senilai Rs. 16.999 (Rp. 3.3 Jutaan), dan harga Realme XT 8GB/128GB di angka Rs. 18.999 (Rp. 3.7 Jutaan). Ketiga varian tersebut sudah bisa dibeli pada situs diatas sejak tanggal 16 September mendatang, tepat pada jam 12.00 siang waktu setempat.

Last, kapan Realme XT akan meluncur di Indonesia?. Menurut analisa saya pribadi, tidak akan butuh waktu lama, terutama jika berkaca pada cepatnya Realme membawa smartphone baru mereka ke Indonesia. Misalnya saja Realme 5 dan Realme 5 Pro yang launching pada 20 Agustus lalu di India, sudah akan dibawa resmi ke Indonesia pada tanggal 19 September mendatang.

Jadi, Realme hanya butuh waktu 1 bulan untuk membawa smartphone terbaru mereka ke Indonesia sejak dirilis pertama kali di India. Hal ini memang sangat penting dilakukan demi memenuhi keinginan para konsumen di Indonesia, terutama jika melihat pasar Realme yang lumayan besar di Indonesia hingga saat ini.