Samsung Exynos 980, Chipset Support 5G dari Samsung

By | September 6, 2019

Exynos 980 – Samsung memang terkenal dengan beraneka ragam perangkat elektronik selama ini. Mulai dari peralatan elektronik rumahan, sampai dengan teknologi komunikasi, semuanya dilahap oleh Samsung. Bukan hanya itu, Samsung pun terkenal dengan chipset buatan mereka sendiri, yang mayoritas digunakan oleh ponsel Samsung. Dan baru baru ini, Samsung Exynos 980 dirilis dan sudah support jaringan 5G.

Samsung Exynos 980
Samsung Exynos 980

Ya, chipset Exynos selalu identik dengan ponsel Samsung, walaupun memang tidak semua ponsel Samsung dibekali dengan chipset tersebut. Mulai dari ponsel low entry sampai flagship, kebanyakan menggunakan chipset Exynos. Benar benar sempurna, ponsel dan chipset semuanya buatan Samsung sendiri. Dan inilah yang susah diimbangi oleh para kompetitornya, khususnya saingan dari negeri Tionkok.

Perkembangan teknologi pun semakin pesat dan sekarang sedang menuju ke era jaringan 5G. Tidak mau kalah saing dengan brand kompetitor, Samsung pun akhirnya merilis chipset Exynos 980 yang sudah support jaringan 5G. Keunggulan chipset Exynos 980 tentunya bukan hanya pada dukungan 5G saja.

Spesifikasi Samsung Exynos 980

Chipset Exynos 980 merupakan chipset Octa-Core ( 2.2GHz Dual-core + Cortex-A77) + 1.8GHz Hexa-core (Cortex-A55). Untuk urusan grafis, Exynos 980 dipadukan dengan GPU Mali-G76 MP5. Namun berbicara soal pabrikasi, chipset Exynos 980 dengan pabrikasi 8nm dibandingkan dengan Snapdragon 855 dengan pabrikasi 7nm.

Dengan dukungan jaringan 5G, penggunaan chipset Exynos 980 memungkinkan kecepatan download hingga 2.55GB/s. Namun Samsung berinovasi dengan cara mengkombinasikan 2CC LTE dan koneksi 5G, yang akan mampu mendownload hingga kecepatan 3.55GB/s. Jadi tidak heran jika Samsung memberikan julukan super fast untuk chipset terbaru mereka ini.

Hal yang paling mencengangkan adalah kemampuan chipset Exynos untuk dipadukan dengan kamera hingga resolusi 108MP. Jadi, kita bisa saja berharap akan melihat ponsel Samsung yang dibekali kamera 108MP ke depannya. Sebab tidak mungkin Samsung menyematkan fitur ini pada chipset Exynos 980, namun akhirnya sia sia karena tidak dimanfaatkan.

Berbicara soal kemampuan gaming, chipset Snapdragon dari Qualcomm memang selalu diunggulkan. Hal ini bisa kita buktikan dari beberapa smartphone khusus gaming selalu menggunakan chipset Snapdragon. Bisa kita lihat generasi Asus ROG ataupun Xiaomi Black Shark yang tidak lepas dari Snapdragon.

Namun chipset buatan Samsung inipun sebenarnya tidaklah terlalu buruk soal kemampuan gaming, walaupun memang hanya untuk chipset Exynos kelas atas saja. Namun Samsung mengatakan jika chipset ini dibangun untuk para gamer. Perpaduan antara CPU dan GPU yang diberikan oleh Samsung diklaim mampu memberikan pengalaman bermain game yang baik dan tentunya terbebas dari lag.

Jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, chipset Exynos 980 ini memang ditempatkan di kelas atas. Dan seharusnya Samsung pun akan menggunakan chipset ini dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Namun ponsel Samsung yang akan pertama kali menggunakan chipset Samsung Exynos 980 terbaru ini?, kita tunggu saja.