Realme X2 Resmi Launching, Kamera 64MP dan VOOC 4.0

By | September 24, 2019

Realme X2 – Baru saja Realme XT dirilis secara resmi di India, namun ternyata masih tidak cukup juga. Pada hari ini tepat tanggal 24 September, Realme X2 resmi launching di China. Memang ponsel ini sebenarnya diciptakan dari basis Realme XT yang baru saja launching. Namun tentunya, sudah mengalami peningkatan terutama pada dapur pacu dan teknologi fast charging yang dimiliki.

Realme X2 Resmi Launching
Realme X2 Resmi Launching

Lantas, apa yang menjadi kunci peningkatan pada Realme X2 terbaru ini?. Memang tidak banyak, namun setidaknya terdapat peningkatan pada dapur pacu yang sudah dibekali chipset Snapdragon 730G, kamera selfie 32MP, sampai dengan teknologi fast charging terbaru VOOC Flash Charge 4.0 dengan daya hingga 30W.

Sangat menarik melihat Realme X2 yang dibekali dengan VOOC Flash Charge 4.0. ColorOS ataupun VOOC merupakan milik Oppo yang memang juga digunakan pada ponsel Realme, anak perusahaan Oppo. Namun disaat Oppo sendiri masih tidak menggunakan VOOC 4.0, ternyata Realme sudah terlebih dahulu menggunakannya. Sangat jelas jika Oppo dan Realme memang tidak main main dalam mengembangkan brand Realme.

Realme X2 Resmi Launching di China

Pada tanggal 13 September lalu, Realme XT secara resmi meluncur di India dan menjadi negara pertama yang disinggahi oleh ponsel terbaru Realme ini. Ponsel ini juga menjadi ponsel Realme pertama yang dibekali dengan quad camera beresolusi 64MP main camera. Namun ternyata Realme tetap masih berusaha untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen mereka di berbagai negara.

Terbukti pada hari ini tepat 24 September, Realme X2 resmi launching di China yang memang sebenarnya berbasiskan Realme XT. Hanya berselang 11 hari saja, namun Realme sudah memberikan gebrakan baru dan tentunya membuat para kompetitornya waspada. Baru satu tahun Realme masuk ke Indonesia, namun sudah mampu menguasai pangsa pasar yang sangat besar.

Realme X2 memang memiliki banyak persamaan dengan Realme XT. Bahkan dari sisi desain dan dimensi, sama sekali tidak ada perbedaan diantara keduanya. Keduanya sama sama dibekali dengan panel Super AMOLED berukuran 6.4 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Dan yang juga menarik adalah Realme X2 dan Realme XT sudah dibekali dengan teknologi under display fingerprint.

Namun memang Realme X2 masih dibekali dengan notch berukuran kecil di atas layar, yang mana berisikan lensa kamera selfie dengan speaker telepon diatasnya. Soal keamanan layar tidak perlu khawatir, sebab Realme X2 sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5, sama halnya dengan Realme XT. Keempat lensa kamera utama diposisikan vertikal, tepat di sudut kanan atas smartphone.

Spesifikasi Realme X2

Sebelum Realme X2 resmi launching di China pada hari ini, kami sudah pernah membahas mengenai bocoran spesifikasi Realme X2 sebelumnya. Dan memang setelah resmi launching, spesifikasi Realme X2 tidaklah berbeda dari apa yang sudah kami jelaskan sebelumnya di artikel terdahulu. Kedatangan Realme X2 yang memang hype, membuat bocoran spesifikasi Realme X2 memang tersebar luas.

Lantas, apa yang menjadi pembeda Realme X2 dari Realme XT sebelumnya?. Atau bagian mana saja yang mengalami peningkatan, sehingga varian ponsel ini harus dibuat lagi oleh Realme?. Ya, walaupun tidak terlalu banyak, namun peningkatan yang ada memang sangat penting menurut kami dan berada pada aspek aspek yang banyak dibutuhkan oleh konsumen.

Kamera Realme X2
Kamera Realme X2

Pertama pada bagian dapur pacu, Realme X2 sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 730G (8nm) Octa-Core yang dipadukan dengan GPU Adreno 618 sebagai pengolah grafis. Kami sangat yakin jika kemampuan gaming dari Realme X2 sudah cukup bisa diandalkan, walaupun tentunya memang tidak bisa disamakan dengan ponsel khusus gaming lainnya.

Sementara untuk urusan multitasking, juga sedikit berbeda dengan varian Realme XT. Untuk Realme X2 ini tersedia varian RAM 6/64GB, 8/128GB, dan 8/256GB. Walaupun sudah tersedia storage yang besar, namun masih terdapat slot microSD hingga kapasitas 256GB, yang menariknya juga terpisah dari slot dual SIM.

Selanjutnya, untuk kamera selfie juga sudah menggunakan lensa beresolusi 32MP, dimana Realme XT sebelumnya hanya menggunakan 16MP saja. Yang tidak kalah menarik lagi dan sering dicari oleh banyak orang adalah fitur NFC. Ya, Realme X2 sudah dibekali dengan fitur NFC, dimana Realme XT sebelumnya masih nihil akan teknologi ini.

Kapasitas baterai masih sama saja sebesar 4.000mAh. Namun yang menarik adalah VOOC Flash Charge 4.0 dengan daya 30W yang dimiliki. Ukuran baterai memang terkesan biasa saja, namun memiliki teknologi fast charging yang baik, tentunya anda hanya butuh waktu sebentar saja untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Melihat pabrikasi chipset 8nm yang dimiliki, bisa juga dipastikan jika baterai Realme X2 akan mampu bertahan lama dan lebih awet digunakan seharian.

Harga Realme X2

Sebagaimana kami jelaskan diatas tadi, Realme X2 resmi launching di China untuk pertama kalinya di dunia. Lantas, apakah ponsel ini sudah dijual ataupun berapa banderol harga yang dipatok oleh Realme untuk ponsel terbaru mereka ini?.

Tentu saja tidak perlu menunggu waktu lebih lama, sebab Realme X2 sudah bisa dipesan melalui pre order di China dari 24 – 26 September mendatang. Adapun harga Realme X2 RAM 6GB/64GB dipatok di angka CNY 1.599 (Rp. 3.176.000) dan varian RAM 8GB/128GB seharga CNY 1.899 (Rp. 3.772.000). Untuk negara China sendiri, tersedia dua varian warna, yakni Pearl White dan Pearl Blue.

Namun jika membeli Realme X2 selama masa pre order di China tanggal 24-26 September, masih ada diskon yang sangat menarik tentunya. Ya, Realme China memberikan diskon sebesar CNY 100 (Rp. 198.000) selama pembelian masa pre order untuk kedua varian diatas. Alhasil, harga Realme X2 6GB/64GB akan berada dibwah angka Rp. 3 Juta, harga yang sangat menarik menurut kami.