Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50s Indonesia

By | September 12, 2019

Samsung Galaxy A50s – Secara resmi, Samsung sudah meluncurkan Galaxy A50s di Indonesia. Smartphone ini memiliki basis dari Galaxy A50 yang sudah duluan rilis di Indonesia di harga Rp. 3 Jutaan. Dan smartphone ini diberikan peningkatan pada beberapa sektor untuk menambah nilai jual. Namun tentu saja akan sangat menarik mengulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s tersebut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50s
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50s

Sekedar informasi, harga Samsung Galaxy A50 di Indonesia dibanderol di angka Rp. 3.599.000 untuk varian RAM 4GB/64GB. Sementara untuk varian RAM 4GB/128GB dipatok di angka Rp. 4.599.000. Untuk smartphone terbaru ini, Galaxy A50s 4/64GB dibanderol di angka Rp. 4.099.000. Memang terjadi kenaikan yang lumayan signifikan.

Dengan harga yang lebih mahal kisaran Rp. 500 ribu tersebut, apa saja keunggulan yang akan anda dapatkan?. Apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s yang masih bisa kita temukan?. Memang benar smartphone ini unggul di beberapa aspek, namun pada aspek lain masih terlihat sama saja dengan pendahulunya.

Kelebihan Samsung Galaxy A50s

Berbicara mengenai desain, tidak ada perubahan besar pada Galaxy A50s dibandingkan Galaxy A50 yang lama. Begitu juga dengan dapur pacu yang tidak terdapat perbedaan signifikan. Namun yang menjadi keunggulan Samsung Galaxy A50s adalah aspek kamera. Memang terjadi peningkatan kamera utama dan juga kamera selfie. Dan berikut ulasan kami mengenai kelebihan Samsung Galaxy A50s terbaru.

1.Desain Minimalis

Mewah?, menurut saya pribadi tidak. Desain dari Samsung Galaxy A50s ini tidak bisa dibilang mewah. Namun memang desainnya terlihat lebih elegan dan minimalis, cocok untuk anda yang tidak terlalu menyukai desain smartphone yang justru terkesan norak.

Pada bagian depan, masih terdapat notch berukuran kecil atau Samsung menyebutnya sebagai Infinity-U Display. Bezel samping dan atas layar sudah terlihat tipis, namun sayangnya masih lumayan tebal pada bagian bawah layar. Sementara pada bagian belakang, hanya terdapat tiga lensa kamera dan LED Flash pada sudut kanan, dan juga logo Samsung di bagian tengah.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy A50 terdahulu, desainnya memang tidak berbeda jauh, begitu juga dengan dimensinya. Namun varian baru ini memiliki bobot yang lebih berat kisaran 3 gram saja.

2. Layar Super AMOLED

Tidak yang ada yang menolak keunggulan panel Super AMOLED yang memang sudah terkenal sejak dulu. Beberapa tahun yang lalu, panel ini hanya digunakan Samsung pada varian kelas flagship saja, namun tidak lagi dengan sekarang. Suatu kelebihan Samsung Galaxy A50s dengan dibekalinya panel super AMOLED ini.

Galaxy A50s menggunakan layar berukuran 6.4 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Ya, walaupun memiliki banderol harga yang lumayan, namun kita tidak akan mendapatkan model layar penuh. Memang sedikit disayangkan, terutama jika mengingat beberapa smartphone lain di range harga yang kurang lebih sama, namun sudah mampu memberikan layar penuh dengan kamera selfie pop up.

3. Soc Bertenaga Namun Hemat Daya

Untuk urusan sistem operasi, seperti biasanya dibekali dengan One UI buatan Samsung sendiri. Sistem operasi tersebut berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru. Namun yang menjadi keunggulan Samsung A50s adalah chipset yang dimiliki, demi mendapatkan performa yang mumpuni.

Samsung Galaxy A50s dibekali dengan chipset Exynos 9611 (10nm) Octa-Core yang dipadukan dengan Mali-G72 MP3 sebagai pengolah grafis. Bukan hanya mampu memberikan tenaga yang mumpuni, namun chipset ini juga hemat daya, mengingat sudah menggunakan pabrikasi 10nm.

Untuk urusan multitasking, Samsung Galaxy A50s tersedia dalam dua varian, yakni RAM 4GB dengan memori internal 64GB dan RAM 6GB dengan memori internal 128GB. Jika anda ingin menambah media penyimpanan, maka bisa menggunakan microSD hingga 512GB. Dan tentunya slot microSD sudah terpisah dari slot dual SIM yang dimiliki.

4. Triple Camera Utama

Perubahan yang paling besar mungkin terdapat pada kamera. Dan kamera ini menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy A50s yang paling diandalkan. Memang masih tetap menggunakan set up triple camera, namun main camera dibekali dengan lensa beresolusi yang lebih besar.

Samsung Galaxy A50s
Samsung Galaxy A50s

Samsung A50s dibekali dengan kamera 48MP + 8MP + 5MP. Kamera beresolusi 8MP tersebut berguna sebagai ultrawide camera, yang mampu menangkap objek hingga 123 derajat luasnya. Dan untuk perekaman video sendiri, Samsung memiliki fitur yang memang mampu memberikan hasil maksimal.

Jika brand lain kebanyakan menggunakan teknologi EIS atau OIS, maka tidak dengan Samsung Galaxy A50s. Namun smartphone ini dibekali dengan fitur Super Steady, yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan kedua fitur diatas. Dan hasilnya pun tidak mengecewakan, karena memang mampu memberikan perbedaan besar antara super steady off dan on.

5. Kamera Selfie 32MP

Pada Samsung A50 terdahulu, Samsung menggunakan kamera selfie beresolusi 25MP, dan memang harus diakui kalau hasilnya sudah cukup mumpuni. Namun Samsung merasa belum cukup, sehingga membekali Galaxy A50s ini dengan kamera selfie beresolusi 32MP.

Jika anda memang menyukai aspek fotografi, maka berbagai kelebihan Samsung Galaxy A50s ini di sektor kamera akan sangat layak dipertimbangkan. Untuk urusan perekaman video, juga masih tetap mampu memberikan hasil yang maksimal dengan super steady yang dimiliki.

6. Support NFC

Sebenarnya, Galaxy A50 terdahulu sudah dibekali dengan fitur NFC, fitur yang memungkinkan pembayaran digital, bertukar file dengan lebih cepat, dan berbagai manfaat lainya. Namun entah kenapa, fitur NFC ini tidak dimasukkan untuk unit Galaxy A50 yang dijual di Indonesia, dan ini memang sangat disayangkan.

Tapi hal tersebut sudah tidak berlaku lagi sekarang. Sebab, Samsung Galaxy A50s yang dijual di Indonesia akan tetap dibekali dengan fitur yang memang memberikan banyak manfaat ini.

7. On-Screen Fingerprint

Fitur keamanan yang juga sudah kita temukan pada pendahulunya, Samsung Galaxy A50. Dan fitur ini masih dipertahankan, yang sampai sekarang ini masih merupakan salah satu fitur premium. Tidak ada lagi sensor fingeprint konvensional di bagian belakang.

Alhasil, desain belakang pun bisa dibuat lebih minimalis, namun tetap menarik. Satu fitur canggih, namun memberikan efek lebih baik untuk keamanan dan juga desain yang lebih minimalis.

8. USB Type-C

Berbicara mengenai port pengisian daya, Samsung kelihatannya memang tidak terlalu pelit. Bahkan untuk ponsel Samsung murah sekalipun, kita tidak akan kesulitan menemukan port USB Type-C. Hal yang sama juga berlaku untuk Samsung Galaxy A50s, yang sudah dibekali dengan USB Type-C, yang tentunya sudah lebih baik daripada microUSB 2.0 lawas.

Kekurangan Samsung Galaxy A50s

Walapun dibekali dengan banyak keunggulan, namun bukan berarti jika Galaxy A50s tidak memiliki kekurangan. Tentunya, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s akan tetap berjalan beriringan. Dan sayangnya masih ada beberapa kekurangan yang seharusnya bisa diimprove menurut saya pribadi. Dan berikut ulasan kami mengenai kekurangan Samsung Galaxy A50s terbaru ini.

1.Material Plastik

Memang harus diakui jika desain smartphone ini tidaklah bisa dibilang jelek. Namun kekurangan Samsung Galaxy A50s ini adalah karena masih menggunakan material plastik polycarbonate pada bagian belakang. Walaupun memiliki finishing seperti kaca, namun material yang digunakan tetap tidak bisa berbohong.

Secara desain mungkin tidak akan berpengaruh banyak. Namun jika sudah berbicara kualitas ataupun pride, maka tentu akan jauh lebih baik jika seandainya saja Samsung Galaxy A50s dibekali dengan material kaca. Salah satu kekurangan Samsung A50, dan ternyata masih berlanjut pada varian terbaru ini.

2. Baterai dan Fast Charging Standar

Untuk varian terendah, smartphone ini djual di harga 4 Jutaan, memang harga yang tidak bisa dibilang murah. Namun anehnya, baterai yang digunakan dan juga kecepatan fast charging yang dimiliki tergolong sangat standar dan sama sekali tidak istimewa.

Samsung Galaxy A50s ini dibekali dengan baterai sebesar 4.000mAh, dengan dukungan teknologi fast charging 15W. Apakah ini istimewa?, menurut saya tidak. Terutama jika dibandingkan dengan Galaxy A20 ataupun Galaxy A30, yang dibekali dengan kapasitas baterai sama dan daya fast charging masih sama, padahal harganya memiliki selisih jauh.

3. Mudah Kotor

Penggunaan material plastik pada bagian belakang memang tidak bisa menutupi mudahnya bagian tersebut kotor. Terutama ketika digunakan tanpa case, maka body belakang akan sangat mudah menangkap sidik jari pengguna.

Memang tentu saja bisa diatasi dengan cara menggunakan case smartphone. Namun jika demikian, maka keindahan dan desain cantik yang dimiliki smartphone ini akan kurang bisa dinikmati karena tertutup case.

Harga dan Kesimpulan

Memang terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s terbaru. Namun untuk anda pecinta fotografi, maka smartphone ini sangat layak dipertimbangkan di harga 4 Jutaan. Kinerjanya juga tidak terlalu mengecewakan dan tentunya masih cukup mumpuni diandalkan.

Hanya saja sedikit disayangkan kapasitas baterai yang sama sekali tidak bisa dibilang istimewa, begitu juga dengan daya fast charging yang hanya 18W. Sementara beberapa ponsel kompetitor sudah menggunakan fast charging setidaknya dengan daya 18W, yang tentunya akan lebih cepat dalam mengisi daya baterai.

Lantas, berapa budget yang harus anda keluarkan untuk bisa meminang smartphone ini?. Harga Samsung Galaxy A50s varian RAM 4GB/64GB dibanderol di angka Rp. 4.099.000 dan varian RAM 6GB/128GB dipatok di angka Rp. 4.899.000. Harga yang tidak bisa disebut murah lagi menurut saya pribadi.

Last, itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s terbaru ini. Mungkin saja ada beberapa aspek yang tidak sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami selalu berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Samsung A50s ini dengan smartphone lain di range harga yang kurang lebih sama. Dengan demikian, kami bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A50s dengan lebih akurat dan objektif.