Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A, Low-End Berkualitas

By | September 27, 2019

Xiaomi Redmi 8A – Pada tanggal 25 September lalu, Redmi 8A secara resmi sudah diperkenalkan di India. Varian redmi dengan embel embel A memang merupakan ponsel low end dari Redmi, namun tetap mampu memberikan spesifikasi yang menarik. Dan seperti biasa, kami pun tertarik untuk mengulas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 8A terbaru ini.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A
Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A

Dibandingkan Redmi 7A pendahulunya, sudah ada banyak peningkatan yang bisa kita temukan pada Redmi 8A. Sebut saja layar yang menggunakan model waterdrop, baterai berukuran super besar, dan juga beberapa keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Redmi 8A. Walaupun memiliki banderol harga yang murah, namun ada banyak kelebihan dan kekurangan Redmi 8A yang bisa kita temukan.

Kelebihan Redmi 8A

Layar dan baterai super besar merupakan kelebihan Redmi 8A yang sangat kami sukai. Soal performa memang tentu tidak bisa berharap terlalu banyak dari ponsel Rp. 1 Jutaan sekarang ini dan hal tersebut bisa dimaklumi. Redmi 8A lebih ditujukan untuk penggunaan ringan dengan daya tahan yang jauh lebih lama. Berikut ulasan lengkap kami mengenai kelebihan Redmi 8A terbaru.

1.Desain Premium

Untuk ponsel harga 1 Jutaan, desain Redmi 8A cukup menarik menurut kami. Jika diperhatikan dengan teliti, ada kemiripan desain Redmi 8A dengan desain Redmi Note 8 Pro, terutama pada bagian belakang. Sekedar informasi, desain Redmi Note 8 saja masih seperti pendahulunya Redmi Note 7.

2. Waterdrop Screen 6.2 Inchi

Salah satu kelebihan Redmi 8A adalah layar yang dimiliki. Bukan saja hanya karena layarnya yang sudah model waterdrop, namun juga dikarenakan ukuran yang cukup memadai. Sebelumnya, Redmi 7A masih belum menggunakan waterdrop screen, yang membuat bezel ponsel tersebut sangat tebal untuk ukuran tahun 2019.

Namun tidak lagi dengan Redmi 8A yang sudah dibekali dengan notch berukuran kecil saja diatas layar. Poni tersebut berisikan lensa kamera selfie, dengan speaker telepon di atasnya. Bezel pada semua sisi juga terlihat semakin menipis dibandingkan pendahulunya, dan ini merupakan peningkatan yang cukup dinantikan oleh pada Mi Fans.

Redmi 8A dibekali dengan panel IPS LCD berukuran 6.2 inchi beresolusi 720 x 1520 piksel. Memang tidak terlalu istimewa, namun tentunya masih cukup memadai untuk penggunaan ringan. Soal keamanan, panel layar Xiaomi Redmi 8A sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5 yang cukup mumpuni.

3. Sistem Operasi Terbaru

Sebagaimana biasanya, seri Redmi selalu dibekali dengan sistem operasi MIUI buatan Xiaomi sendir. Dan untuk Redmi 8A sudah dibekali dengan MIUI 10, yang berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru saat ini. Ketika Android 10 nanti sudah dirilis, sudah tentu Redmi 8A juga akan mendapatkan update.

4. Dapur Pacu Bersaing

Memang harus diakui jika spesifikasi Redmi 8A pada urusan dapur pacu tidaklah terlalu superior. Namun untuk harga Rp. 1 Jutaan saja, tentu chipset yang digunakan masih bisa bersaing dengan para kompetitornya. Begitu juga dengan urusan grafis, yang seharusnya masih cukup baik dari Redmi 8A ini.

Xiaomi Redmi 8A hadir dengan chipset Snapdragon 439 (12nm) Octa-Core yagn dipadukan dengan GPU Adreno 505 sebagai pengolah grafis. Soal kemampuan gaming berat, tentunya ponsel ini sudah cukup berat untuk digunakan.

Urusan multitasking, sudah diakomodir dengan RAM berukuran 2GB dan 3GB. Tersedia varian RAM 2GB yang dipadukan dengan memori internal 32GB dan RAM 3GB yang juga dipadukan dengan memori internal yang sama, yakni 32GB. Jadi tidak ada lagi varian storage 16GB seperti pendahulunya Redmi 7A.

5. USB Type-C

Salah satu aspek yang sangat kami sukai dari ponsel ponsel Xiaomi Redmi. Walaupun dibanderol dengan harga yang cukup murah, namun Redmi 8A sudah menggunakan USB Type-C terbaru, tidak seperti brand lain yang masih banyak menggunakan microUSB 2.0 lawas dengan harga yang sudah menyentuh angka Rp. 2 Jutaan sekalipun.

Xiaomi Redmi 8A
Xiaomi Redmi 8A

Bagi sebagian orang, kelebihan Redmi 8A pada aspek ini mungkin tidak terlalu menarik. Namun tidak bagi kami, mengingat keunggulan yang dimiliki oleh USB type-C jika dibandingkan dengan microUSB 2.0. Soal ketahanan, kecepatan transfer data, tentu USB type-C akan lebih mumpuni, dan juga berbagai kelebihan lainnya.

6. Baterai Super Besar dengan Fast Charging

Spesifikasi baterai menjadi salah satu yang cukup menarik dari sekian kelebihan dan kekurangan Redmi 8A menurut kami. Bagaimana tidak?, Redmi 8A di harga Rp. 1 Jutaan saja sudah dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000mAh, yang tentunya akan bisa digunakan bertahan cukup lama.

Bukan hanya itu, sudah terdapat juga teknologi fast charging 18W, yang akan mempercepat pengisian daya baterai jumbo tersebut. Sekedar informasi, Redmi 7A terdahulu masih belum dibekali dengan fast charging, kecuali unit yang dijual di China, itupun hanya dengan daya 10W saja.

Kekurangan Redmi 8A

Berbagai kelebihan dan kekurangan Redmi 8A tentunya harus berjalan beriringan. Dan memang masih ada beberapa kekurangan Redmi 8A yang cukup mengganggu jika dibandingkan dengan kompetitornya. Berikut ulasan kami mengenai kekurangan Redmi 8A seharga Rp. 1 Jutaan ini.

1.Kamera Alakadarnya

Aspek kamera dari Redmi 8A memang akan kurang bisa diandalkan. Untuk kamera utama, masih sama dengan Redmi 7A pendahulunya, yang dibekali dengan lensa beresolusi 12MP. Namun untuk kamera selfie memang sedikit mengalami peningkatan, dari sebelumnya Redmi 7A dengan kamera 5MP, sementara Redmi 8A sudah menggunakan kamera 8MP.

2. Bezel Bawah Layar Tebal

Dari beberapa generasi sebelumnya, bezel bawah memang selalu terlihat lebih tebal dibandingkan para kompetitornya. Dan walaupun sudah mengalami penipisan bezel, namun bezel bawah layar Redmi 8A masih kelihatan tebal. Alhasil, ponsel ini sedikit kelihatan old school. Pada bezel tersebut memang berisikan logo Redmi, namun tetap kurang menarik dan terlihat kurang proporsional menurut kami.

3. Tanpa Fingerprint

Memang sudah sejak dulu varian yang dilabeli huruf A ini tidak dibekali dengan sensor fingerprint. Namun sekarang ini, fitur sensor fingerprint bukanlah fitur yang terlalu mahal lagi. Sedikit disayangkan memang, mengingat Redmi 8A yang tidak dibekali dengan sensor fingerprint. Alhasil, anda pun hanya bisa mengandalkan face unlock dan kunci konvensional untuk membuka kunci layar ponsel.

Harga dan Kesimpulan

Jika anda mencari ponsel dengan spesifikasi yang mumpuni, juga dengan kamera yang bisa diandalkan, maka tentu Redmi 8A tidak akan cocok. Namun jika anda mencari ponsel untuk kinerja ringan dan mampu digunakan bertahan lama, maka Redmi 8A sangat layak anda pertimbangkan.

Last, berapa budget yang harus anda siapkan untuk bisa membeli Redmi 8A ini?. Masih tetap murah, walaupun tentunya sudah naik dari harga Redmi 7A terdahulu. Untuk harga Redmi 8A memang belum diumumkan secara resmi. Namun rumor yang beredar menyebutkan jika harga Redmi 8A dipatok di kisaran EUR 100 atau sekitar Rp. 1.5 Jutaan saja.

Last, itulah ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 8A terbaru, yang mungkin tidak selalu sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Redmi 8A dengan smartphone lain di range harga yang kurang lebih sama. Dengan demikian, kami bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Redmi 8A dengan lebih akurat dan objektif.