Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020 Terbaru

By | September 19, 2019

Belum lama ini, Oppo A9 2020 resmi diperkenalkan dan menjadi smartphone pertama Oppo A Series yang dibekali dengan quad camera. Tidak tanggung tanggung, ponsel besutan Oppo ini dibekali dengan main camera beresolusi 48MP. Dan tentu saja akan sangat menarik untuk mengulas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 terbaru ini.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020
Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020

Oppo A9 2020 dilaunching bersamaan dengan saudaranya, Oppo A5 2020 yang memiliki banyak persamaan. Namun memang harus diakui jika Oppo A9 2020 diposisikan lebih tinggi, terutama pada aspek kamera, baik kamera utama maupun kamera selfie. Berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 memang bisa kita temukan dari berbagai sektor dan bisa anda jadikan patokan apakah ponsel ini layak dibeli atau tidak.

Kelebihan Oppo A9 2020

Aspek yang paling diunggulkan dari Oppo A9 2020 adalah kamera. Ya, tidak bisa dipungkiri jika set up quad camera pada ponsel ini memang sangat menarik. Tidak hanya itu, terdapat juga baterai super besar, dengan kemampuan power bank (reverse charging). Jadi, anda akan bisa memanfaatkan Oppo A9 2020 ini untuk mengisi daya baterai ponsel lain. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kelebihan Oppo A9 2020.

1.Desain Premium

Memang benar jika Oppo A9 2020 dibekali dengan material plastik polycarbonate yang sama sekali tidak bisa dibilang istimewa. Baik dari sisi kekuatan ataupun pride, material plastik tentu memang akan kalah dari material kaca ataupun metal aluminium. Namun kelebihan Oppo A9 2020 tidak terletak pada material yang dimiliki, melainkan pada desain premium-nya.

Desain Oppo A series memang sangat menarik, mewah, dan juga terlihat premium. Desainnya juga tidak terlalu ramai, akan sangat cocok untuk anda yang menyukai desain yang lebih elegan, namun tetap kelihatan berkelas. Mulai dari sisi depan sampai belakang, semuanya dibuat sedemikian rupa, dan menjadi ciri khas desain Oppo A series sekarang ini.

Pada bagian depan, terdapat layar berukuran besar dengan notch berukuran kecil diatas layar. Sayangnya, bezel pada bagian bawah layar memang sedikit tebal, membuat smartphone ini terlihat sedikit old school. Namun kemewahan akan kita temukan pada bagian belakang, namun tetap minimalis dan elegan.

Tiga buah lensa kamera utama diposisikan vertikal di bagian tengah dengan sensor fingerprint di bawahnya. Sementara satu buah lensa kamera lagi dengan dual-tone LED Flash diposisikan di sebelahnya, membuat semua komponen terlihat rapi dan tidak norak. Sementara pada bagian bawah tengah, seperti biasanya terdapat logo Oppo sendiri.

2. Layar Lega Rasio 20 : 9

Pada umumnya, smartphone sekarang ini menggunakan rasio layar 18 : 9 ataupun rasio 19 : 9. Namun sedikit berbeda dengan Oppo A9 2020 yang dibekali dengan rasio layar 20 : 9, sama persis dengan rasio layar Realme 5 yang launching di Indonesia pada tanggal 19 September ini. Namun yang menjadi kelebihan Oppo A9 2020 adalah layarnya yang lebar dan sangat lega.

Oppo A9 dibekali dengan panel berjenis IPS LCD berukuran 6.5 inchi dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Untuk anda yang suka menonton video ataupun bermain game, maka layar yang berukuran besar ini tentu akan sangat menyenangkan, dengan tampilan yang tajam dan detail.

3. Dapur Pacu Bertenaga

Jika sebelumnya ponsel Oppo didominasi dengan chipset Mediatek, maka tidak lagi dengan sekarang. Oppo sudah mulai menggunakan chipset Snapdragon dari Qualcomm pada banyak varian ponsel mereka. Tentunya ini bertujuan untuk mendapatkan performa yang lebih mumpuni, terutama di sektor gaming. Sementara untuk sistem operasi, Oppo A9 menggunakan ColorOS 6.0.1 berbasiskan Android 9.0 (Pie).

Untuk dapur pacu, ditenagai dengan chipset Snapdragon 665 (11nm) Octa-Core yang dipadukan dengan GPU Adreno 610 sebagai pengolah grafis. Melihat spesifikasi Oppo A9 2020 ini, seharusnya akan cukup mumpuni digunakan bermain game, terutama karena adanya fitur Game Boost 2.0 yang dikembangkan Oppo sendiri.

Tidak cukup sampai disitu saja, storage dan RAM yang besar menjadi keunggulan Oppo A9 2020. Smartphone ini dibekali dengan varian RAM 4GB ataupun 8GB, yang dipadukan dengan storage 128GB. Walaupun memiliki memori internal yang besar, namun masih terdapat slot microSD terpisah dari slot dual SIM, yang bisa diisi hingga kapasitas 256GB.

4. Quad Camera 48MP

Dari semua kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020, aspek kamera adalah aspek yang paling diandalkan. Tidak berlebihan jika kami menyebut sektor kamera adalah spek tertinggi yang memberikan nilai jual pada ponsel ini. Ya, jika sebelumnya Oppo A9 2019 dibekali dengan dual camera saja, maka Oppo A9 2020 sudah menggunakan empat buah lensa kamera atau sering disebut dengan quad camera.

Desain Oppo A9 2020
Desain Oppo A9 2020

Keempat kamera tersebut masing masing beresolusi 48MP main camera + 8MP ultrawide camera + 2MP dedicated macro camera + 2MP depth sensor. Dan jangan lupa juga, Oppo A9 2020 sudah dibekali dengan gyro-EIS yang akan sangat membantu dalam perekaman video ataupun pengambilan foto. Sementara untuk kamera depan, dibekali dengan lensa beresolusi 16MP yang juga sudah cukup mumpuni.

5. Dolby Atmos Sound

Untuk mendapatkan suara yang lebih berkualitas, banyak orang menggunakan earphone yang memang memiliki kualitas bagus. Namun suara speaker dari Oppo A9 2020 sendiri tidak perlu diragukan lagi, berkat adanya fitur dolby atmos sound, yang sebenarnya memang bukanlah teknologi atau fitur baru lagi.

Untuk anda yang suka menonton video, bermain game, ataupun sekedar mendengarkan musik, tentunya akan sangat dimanjakan dengan output suara yang lebih berkualitas dari Oppo A9 2020.

6. Baterai 5.000mah Reverse Charging

Selain kamera, ukuran baterai yang super besar juga menjadi salah satu kelebihan Oppo A9 2020. Bagaimana tidak, smartphone ini dibekali dengan baterai sebesar 5.000mAh, yang tentunya akan mampu bertahan lama, terutama melihat chipsetnya yang sudah menggunakan pabrikasi 11nm. Namun bukan hanya besar, ada juga kemampuan menarik dari Oppo A9 2020 ini.

Jika anda memiliki ponsel lain, namun memiliki baterai kurang tahan lama atau sedang kehabisan baterai, maka Oppo A9 2020 bisa menjadi solusinya. Ya, Oppo A9 2020 bisa digunakan sebagai power bank (reverse charging), sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel lain.

Kekurangan Oppo A9 2020

Berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 tentunya akan berjalan beriringan. Dan sayangnya, kami masih menemukan beberapa kekurangan Oppo A9 2020 yang sangat mengganggu dan seharusnya masih bisa diimprove. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kekurangan Oppo A9 2020 terbaru ini.

1.Material Plastik Polycarbonate

Oppo A9 2020 dibanderol dengan harga Rp. 4 Juta, hanya kurang seribu rupiah saja. Dengan banderol harga tersebut, tentu ponsel ini bukanlah ponsel mid end lagi, namun sayangnya dibekali dengan material yang alakadarnya menurut kami. Ya, masih dibekali dengan material plastik polycarbonate.

Jika dibandingkan dengan kompetitor, sudah ada banyak ponsel lain menggunakan material kaca dengan range harga kurang lebih sama. Sebut saja seperti Redmi Note 8 Pro, atau bahkan Redmi Note 7 yang masih lebih mura lagi. Material polycarbonate ini memang tidak akan memberikan banyak pengaruh pada penampilan, namun tentu akan berbeda cerita jika sudah berbicara kualitas ataupun pride.

2. Tanpa NFC

Selanjutnya yang juga cukup mengganggu dari kekurangan Oppo A9 2020 adalah absennya fitur NFC. Padahal fitur ini sendiri cukup berguna di era teknologi sekarang ini. Bukan hanya bertukar file atau bermain game multiplayer, namun juga bisa digunakan sebagai pembayaran digital.

Bisa kita lihat beberapa ponsel lain di range harga yang kurang lebih sama sudah dibekali dengan NFC. Sebut saja seperti Samsung Galaxy A50s ataupun Redmi Note 8 Pro yang baru saja launching. Semoga saja ke depannya Oppo lebih memperhatikan beberapa kekurangan seperti ini.

Harga dan Kesimpulan

Terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 tersebut diatas, tentunya ponsel ini akan sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Quad camera dengan 48MP main camera, dan juga dukungan gyro-EIS tentunya akan memberikan hasil foto dan perekaman video yang berkualitas dan bisa diandalkan. Selain itu, kapasitas baterai yang dimiliki juga akan mampu digunakan bertahan jauh lebih lama.

Sayangnya memang, harga Oppo A9 2020 tidak bisa dibilang murah menurut kami. Ya, harga Oppo A9 2020 dibanderol di angka Rp. 3.999.000 atau sebut saja Rp. 4 Juta pada saat keran pre order dibuka di Indonesia. Namun semua tentunya akan bergantung pada keputusan anda, apakah Oppo A9 2020 layak dibeli atau tidak.

Last, semua kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 tersebut diatas tadi, mungkin saja tidak sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami selalu berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Oppo A9 2020 dengan smartphone lain di range harga yang kurang lebih sama. Dengan demikian, kami bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 dengan lebih akurat dan objektif.